Saturday, July 27, 2013

AKU

AKU


Tasawuf adalah mata air deras yang alirannya menerjang segala keterbatasan dan ketidak tersingkapan hakikat Islam sebagai agama. Sebuah tujuan yang sebenarnya didamba-dambakan dan sangat diharapkan manusia, sebagai mata air untuk mengobati kehausan mengetahui hakikat dan kesejatian Islam sebagai agama. Sesuatu yang sangat mahal dan berharga, tapi semua itu tidak akan pernah bisa didapat, sampai kapanpun. Karena selama ini hakikat dan kesejatian agama telah terdoktrin untuk selalu dipahami dengan ilmu-ilmu dan pengetahuan yang sebenarnya membatasi, menghijab dan membuat Islam itu semakin eksklusif.

Tasawuf bukanlah seperti yang dipahami selama ini, fenomena yang telah terbantu dengan tindakan sebagian umat Islam yang menjadikan tasawuf sebagai sebuah menara gading ibadah, tasawuf hanya murni ibadah, menjauhkna diri dari dunia, larut dalam zikir, hidup dalam kefakiran, keliru, sangat-sangat keliru. Sekalipun tasawuf telah juga dipahami bukan sebagai murni ibadah dan menjauhkan diri dari keduniaan, tetapi sudah modern dan selaras antara kehidupan dunia dan akhirat, namun tindakan dan aksi ini juga masih jauh dari harapan, karena masih ada keterbatasan, masih ada yang ditutupi dan masih ada ketakutan untuk membicarakan hakikat keagamaan Islam. Hal ini disebabkan karena tasawuf masih dipahami secara parsial, masih terpisah sendiri, tidak komprehensif dan integral dan Masih ada ketakutan untuk menyandingkan dan membicarakan tasawuf dengan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu-ilmu exacta, Informasi dan teknologi (IT), Filsafat, perbandingan agama, Cross Culture.

Untuk itulah Sufi Muda hadir , untuk membelah semua lautan keterbatasan dan ketakutan-ketakutan membicarakan tasawuf. Menghadirkan tasawuf dalam wajah baru, wajah tasawuf yang damai, penuh cinta dan kasih sayang, demokratis, moderat, inklusif, toleran dan humanis. Tasawuf yang dapat dipahami dan bersanding dengan semua ilmu pengatahuan baik exact, sosial filsafat dan perbandingan agama. Kami menampilkan wajah tasawuf apa adanya, tanpa ditutup-tutupi, sebagai sejatinya tasawuf yang komprehensif, integral, berkaitan dengan segala ilmu pengetahuan, yang membawa rahmat bagi semesta alam (segala suku, agama, ras, dan golongan), tasawuf yang sesuai dengan tempat dan zaman, tasawuf sebagai solusi terhadap segala permasalahan.

VISI

Menjadikan tasawuf sebagai jantung dan power Islam yang mampu menjawab segala permasalahan umat manusia, tetap eksis dan mampu menjawab segala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan segala

Perkembangan zaman dan kebudayaan manusia dalam konteks masa, ruang dan waktu apapun.

MISI

1. Menulis dan mendiskusikan tasawuf dalam konteks kekinian dan menyebarkannya kepada seluas mungkin khalayak.

2. Menyuguhkan dan menampilkan tasawuf dalam wajah yang damai, penuh cinta dan kasih sayang, demokratis, moderat, inklusif, toleran dan humanis.

3. Menampilkan tasawuf yang mampu berbicara dalam semua konteks ilmu pengetahuan dan teknologi, baik exact, sosial, filsafat, Cross Culture and Religion Understanding.

4. Menyajikan tasawuf secara komprehensif dan integral sebagai ilmu yang mampu menyibak segala hakikat dan kesejatian Islam sebagai agama.

5. Dengan tasawuf dapat menjadkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, semua agama, suku , ras dan golongan sesuai tuntutan waktu dan zaman..



No comments:

Post a Comment

Rahasia Menyingkap Ilmu Laduni

Menyingkap Rahasia Ilmu (Laduni) Rahasia ahli kitab yang mampu memindahkah kursi Ratu Bilkis sebagaimana di kisahkan Al qur an hingga ...