Thursday, July 11, 2013

***AKIBAT MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MENEMPUH                                                 KAJIAN PERJALANAN SPRITUAL****

Oleh Iman Juhri : Ya Ikhwan, cepat atau lambatnya terkabul doa seorang hamba tergantung dari makanan dan minuman yang sudah mengalir dalam darahnya, haramkah atau halalkah makanan yang kita makan selama ini,,,??. Sebagai orang tua kepada anak anaknya, makanan dan minuman yang kita berikan bersumber dari mana,,,? Sengajakah kita berikan dari sumber yang haram. Padi yang kita tanam, padilah yang tumbuh, dan padilah yang akan kita tuai. Jagung yang kita tanam, takkan mungkin tumbuh pohon kurma, karna itu ya Ikhwan, perhatikanlah perkara yang satu ini. Sebagai bahan acuan, akan saya sampaikan cuplikan kata-kata hikmah dari tokoh-tokoh besar Islam dari berbagai kalangan antara lain :

1.  Seorang ulama Sufi ( Syekh Ibrahim Al Mabtuli ). Beliau berkata “ Takutlah memakan makanan yang tidak halal, karna makanan yang haram menyebabkan hati menjadi keras dan hati menjadi gelap.
2.   Berkata Imam Sopyan “ Apabila seseorang memakan makanan yang haram dan kotor, ia akan membekas pada jiwanya....jiwa menjadi kotor, hati menjadi gelap, pintu kebajikan akan tertutup, dia tidak nampak pada kebajikan. Dia tau apa yang dilakukan itu salah, tetapi karna hatinya gelap, ia malas melakukan sholat dan malas melakukan kebajikan.Sebaliknya ia terdorong untuk melakukan keburukan dan maksiat
3. Syekh Ali Al Syazili berkata”Siapa saja yang memakan makanan yang halal, maka hatinya akan lunak, tipis dan bersinar. Sedikit tidurnya dan tidak terhalang dari pada berhadapan dengan allah.Sebaliknya siapa yang memakan makan yang haram maka tergeraklah semua anggota badannya untuk melakukan maksiat.
4.   Ali al Khawas berkata ” Antara kerusakan yang timbul akibat dari makanan yang haram adalah akan berubah menjadi api sehingga menghilangkan ketangkasan berfikir, hilang kelezatan berzikir, dapat membakar kemurnian niat, hati menjadi buta,pandangan mata gelap (untuk melihat kebenaran), pegangan agama lemah, terhalang untuk menerima hikmah dan makrifat.
5.   Imam Sahl berkata “ Siapa yang makanannya bersumber dari yang haram maka tidak akan terbuka tabir yang menutupi hatinya dan siksa Allah akan cepat menimpanya. Sholat, puasa dan sedekah tidak akan memberi mamfaat padanya.
6.  Berkata Imam Safwan ” tidak akan makbul do’a orang yang didalam tubuhnya terdapat benda-benda atau makanan yang haram.
7.  Berkata Imam Sufyan “ kita wajib memakan makanan yang halal dan menjauhi makanan yang haram.

Selain itu, Baginda Rasul Muhammad SAW pernah berpesan yang si riwayatkan oleh Imam Akhmad, diantara pesan Baginda Rasul adalah sebagai berikut :

1.  Takutlah terhadap perkara yang dilarang,niscaya kamu menjadi manusia yang paling beribadah
2.   Terimalah segala dengan Redho segala apa yang ditentukan oleh Allah untukmu, niscaya kamu menjadi manusia yang paling kaya.
3.   Berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya kamu menjadi orang yang yang ber Iman
4. Sayangilah manusia sebagaimana kamu menyayangi dirimu sendiri, niscaya kamu menjadi seorang Muslim
5.  Dan janganlah kamu banyak tertawa, karna sesungguhnya tertawa yang banyak itu akan dapat mematikan hati.

Semoga bermamfa’at
HADAANALLAH WAIYYAKU AJMA’IIN

Ilahii anta maksudi...waridhokamatlubi
I’tini mahabbataka wa makrifataka

No comments:

Post a Comment

Rahasia Menyingkap Ilmu Laduni

Menyingkap Rahasia Ilmu (Laduni) Rahasia ahli kitab yang mampu memindahkah kursi Ratu Bilkis sebagaimana di kisahkan Al qur an hingga ...